Atap Polycarbonate, Atap Modern Baru Dengan 7 Kelebihan

  • Admin
  • 8 Apr 2022

Atap merupakan komponen penting dalam rumah yang berfungsi untuk melindungi area dari terik panas matahari dan dari basah hujan.

Memilih penggunaan material untuk atap bisa dibilang cukup krusial karena akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan sebuah hunian dan juga level pencahayaannya.

Bagi anda yang senang dengan arsitektur modern dan hunian dengan pencahayaan alami yang berlimpah, maka atap polycarbonate dapat menjadi alternatif yang menarik.

Mari simak penjelasan mengenai atap polycarbonate dan 7 kelebihannya.

atap polycarbonate solartuff yang kuat dan elegan

Pengertian Atap Polycarbonate

Seperti namanya, atap polycarbonate terbuat dari plastik polycarbonate yang transparan. Material ini tersedia dalam berapa warna, namun karena fungsinya yang ditujukan untuk meneruskan cahaya matahari ke dalam ruang di dalam bangunan, mayoritas pembeli memilih atap polycarbonate transparan tanpa warna.

Bentuknya sangat mirip dengan kaca, hanya saja ini terbuat dari plastik dan terasa dengan jelas sifat lenturny pada saat dipegang.

Selain itu, masih ada beberapa keunggulan lain dari atap polycarbonate yang perlu Anda ketahui, berikut ini 7 kelebihan atap polycarbonate yang kami rangkum:

  • Memiliki kekuatan hingga 200 kali daripada kaca dan 20 kali lebih kuat dibandingkan akrilik. Atap poly
  • Dilengkapi dengan lapisan anti-UV. Memaksimalkan perlindungan untuk anda dan keluarga terhadap sinar ultraviolet yang berbahaya.
  • Dapat mengurangi panas dari cahaya matahari tanpa mengurangi intensitas cahaya yang masuk.
  • Menghemat listrik karena sifatnya yang transparan dan dapat meneruskan cahaya matahari.
  • Sangat ramah lingkungan, relatif mudah untuk didaur ulang.
  • Pemasangan dan fabrikasinya juga mudah. Sifatnya yang mudah untuk dibentuk juga menambah nilai plus.
  • Tidak mudah terbakar dan tahan terhadap perubahan suhu dari -20 derajat celcius hingga 120 derajat celcius.

Tips Memilih Atap Polycarbonate

Dengan kelebihan-kelebihan atap polycarbonate di atas, anda mungkin tertarik untuk menggunakannya untuk rumah atau proyek anda. Tapi jangan sembarangan membeli atap polycarbonate ya, karena seperti produk bahan bangunan pada umumnya, atap polycarbonate di pasaran juga tersedia dalam banyak merk dan kualitas. Berikut ini kami rangkum 5 tips memilih atap polycarbonate, pastikan anda membaca panduan membeli atap polycarbonate ini dulu sampai habis.

1. Tes Panas

Cobalah tempatkan sample atap polycarbonate di atas lengan anda pada terik matahari.

Jika terasa ada perbedaan suhu antara area lengan yang tertutup atap polycarbonate dengan yang tidak tertutup, maka kualitas atap tersebut bisa dibilang bagus. Setidaknya harus ada 30% perbedaan suhu dan ini akan terasa dengan jelas pada kondisi normal.

2. Tes Tekan

Cobalah menekan lembaran material Polycarbonate dengan kuat.

Apabila terjadi penyok atau melengkung di bagian tekan, maka kualitas material tersebut tidak baik. Apalagi kalau pas ditekan pecah, tentu saja anda harus menghindari produk tersebut. Atap Polycarbonate yang berkualitas baik sudah pasti tahan tekanan yang cukup kuat

3. Tes Kenyamanan Cahaya Pada Mata

Cobalah tempatekan handphone anda di bawah atap polycarbonate dalam kondisi cahaya matahari terang, perhatikan apakah layar hp anda terbaca dengan jelas dan nyaman. Kebanyakan orang lebih memilih atap polycarbonate transparan karena dalam kondisi terang tidak mengganggu penglihatan.

4. Pemilihan Warna Atap Polycarbonate

Untuk anda yang menyukai kombinasi berwarna, pastikan warna atap polycarbonate yang anda pilih cocok dan senada jika dikombinasikan dengan warna dinding rumah.

Kalo warnanya bertubrukan tentu akan menimbulkan kesan aneh.

5. Umur Pemakaian Dan Garansi

Atap merupakan komponen rumah yang merepotkan untuk diperbaiki atau diganti, maka dari itu anda harus memastikan bahwa atap polycarbonate yang ingin digunakan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan kata lain anda perlu mengecek adanya garansi yang diberikan apabila terjadi kerusakan yang bukan berkaitan dengan masalah pemasangan.

Sekian ulasan kami mengenai atap polycarbonate, semoga membantu anda semua dalam memilih material bangunan yang terbaik untuk proyek anda.